Senin, 03 Juni 2013

Belt Conveyor

Belt conveyor adalah salah satu komponen dari belt conveyor system yang berfungsi untuk membawa material yang diangkut dari lokasi penambangan. Dipilihnya belt conveyor system sebagai sarana transportasi material adalah karena tuntutan untuk meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya produksi, dan juga kebutuhan optimasi dalam rangka mempertinggi efisiensi kerja.


Belt conveyor pada dasarnya merupakan peralatan yang cukup sederhana. Alat
tersebut terdiri dari sabuk yang tahan terhadap pengangkutan benda yang berat. Sabuk yang digunakan pada belt conveyor ini dapat dibuat dari berbagai jenis bahan misalnya dari karet, plastik, kulit ataupun logam yang tergantung dari jenis dan sifat bahan yang akan diangkut. Untuk mengangkut bahan -bahan yang panas, sabuk yang digunakan terbuat dari logam yang tahan terhadap panas.

Belt conveyor dapat digunakan untuk mengangkut material baik yang berupa unit load atau bulk material secara mendatar ataupun miring. Yang dimaksud dengan unit load adalah benda yang biasanya dapat dihitung jumlahnya satu-persatu misalnya balok. Sedangkan bulk material adalah material yang berupa butir-butir bubuk atau serbuk misalnya pasir dan batu bara.

Prinsip kerja belt conveyor adalah mentransportasikan material yang ada di atas belt. Belt digerakkan oleh drive/ head pulley dengan menggunakan motor penggerak. Head pulley menarik belt dengan prinsip gaya gesekan antara permukaan drum dengan belt.

Disadur dari : http://dunia-atas.blogspot.com

1 komentar:

belt conveyor mengatakan...

Semoga bisnis anda sukses dan lancar selalu. amin

Posting Komentar