Minggu, 11 September 2011

TANAMAN HOLTIKULTURA

A. Bawang Merah

Bawang merah (Allium ascalonicum) merupakan sayuran potensial yang beradaptasi dengan baik hingga ketinggian >700 meter dpl.
    
Varietas harapan baru dari bawang merah dengan mutu yang sesuai dengan selera konsumen telah dihasilkan melalui persilangan antara varietas lokal Cipanas dengan bawang bombay. Pengelolaan tanaman bawang merah secara intensif dan efisien dapat dicapai antara lain melalui sistem pemupukan berimbang. Pemupukan berimbang pada tanaman bawang merah beragam tergantung dari lokasi dan pola pengasuhannya.
     
Ulat grayak (Spodoptera exigna) merupakan hama utama tanaman bawang merah yang pengendaliannya masih bertumpu pada penggunaan insektisida kimiawi. Alternatif pengendalian yang lebih aman lingkungan adalah penggunaan virus patognik dari golongan NPV (Nuclear Polyhedrosis Virus). Se-NPV pada konsentrasi 3-4x1016 PIBs/ml dapat menekan populasi larva Spodoptera exigua 2,6 kali lebih efektif dibanding insektisida biasa.

B. Cabai

Cabai (Capsicum annuum) adalah sayuran yang selalu ada dalam menu makanan masyarakat Indonesia setiap harinya. Penelitian telah menghasilkan tiga galur harapan dengan tingkat kemurnian di atas 90% dan berdaya hasil tinggi.
  
Perbaikan teknik budidaya cabai terutama terutama ditekankan pada pemupukan berimbang. Untuk penanaman cabai secara monokultur di lahan kering, pemberian pupuk dasar meliputi pupuk kandang (20-30 ton/ha) dan TSP (100-150 kg/ha) diberikan seminggu sebelum ditanam. Pemupukan selanjutnya diberikan pada saat tanaman berumur 3, 6, 9 minggu berupa KCL (150-200 kg/ha), urea (100-150 kg/ha), ZA (300-400 kg/ha) masing-masing sebesar sepertiga dosis.
    
Penanganan pasca panen merupakan upaya peningkatan nilai tambah pada saat panen melimpah.Penyelupan cabai rawit dalam 0,2% Na-bisulfit dan 0,4% MgOH, kemudian dikeringkan pada suhu 550C menghasilkan cabai kering dengan warna baik serta masih mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Pengolahan cabai varietas Tit Super dengan suhu 1000C menghasilkan warna dan rasa saos cabai yang baik.  

0 komentar:

Posting Komentar