Selasa, 04 Juni 2013

Tambang Terbuka

http://www.pressphoto.co/wp-content/themes/IPPO/timthumb.php?src=http%3A%2F%2Fwww.pressphoto.co%2Fwp-content%2Fuploads%2F2013%2F02%2FJojo-Paizo_Tambang-AirLaya-PTBA_12.jpg&q=90&h=400&zc=1Tambang Terbuka (open pit mine) adalah bukaan yang dibuat di permukaan tanah, bertujuan untuk mengambil bijih dan akan dibiarkan tetap terbuka (tidak ditimbun kembali) selama pengambilan bijih masih berlangsung.

Penambangan dengan metode tambang terbuka adalah suatu kegiatan penggalian bahan galian seperti batubara, ore (bijih), batu dan sebagainya di mana para pekerja secara langsung berhubungan dengan udara luar dan iklim. Tambang terbuka (open pit mining) juga disebut dengan open cut mining, adalah metode penambangan yang dipakai untuk menggali mineral deposit yang ada pada suatu batuan yang berada atau dekat permukaan.
 
Adapun metode penambangan yang dilakukan pada tambang terbuka ialah :

1. Open pit/Open mine/Open cut/Open cast

Adalah tambang terbuka yang diterapkan pada penambangan ore (bijih).

2. Strip Mine

Penerapan khusus dalam menambang endapan horizontal/sub-horizontal terutama untuk batu bara dan endapan garam yang mendatar.
 
3. Quarry

Adalah tambang terbuka yang diterapkan pada endapan mineral industri (industrial mineral). Contoh Tambang batu pualam di Tulung Agung.
 
4. Alluvial mining
 
Dapat dikatakan sebagai “placer Mining” ataupun di Australia disebut “Beach-mine” yaitu metode penambangan untuk endapan placer atau alluvial. 

Disadur dari : http://dunia-atas.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar